Setelah lama tak berjumpa, kami dipertemukan di suatu kesempatan yang tak terduga. Sekedar hanya memenuhi kegiatan bulanan, berbelanja untuk memenuhi kebutuhan dan karena ransum di kamar sudah mulai menipis, bergegaslah diri ini menuju suatu swalayan yang tak jauh dari kosan. Tak lama terlihatlah diriku tenggelam dalam aktifitas pada umumnya di tempat itu. Sibuk menelusuri lorong-lorong yang tersusun rapi, kepala celingak celinguk seperti yang sedang mencari sesuatu. Tiba-tiba kepala terhenti pada sebuah sosok, mata tak bergeming tak percaya, tertegun memandang sosok yang begitu sangat terlupakan dalam beberapa tahun terakhir hidupku. Yah.. sosok mungil yang membawa pada kenangan masa kecil, yang ketika melihatnya ada suatu kebahagiaan, serasa bertemu dengan kawan lama yang lama tak jumpa. Melihatnya membuat rongga kepalaku tiba-tiba saja terpenuhi dengan peristiwa masa kecil yang begitu bahagiah saat bersamanya. Tanpa pikir panjang atau karena refleks tak bisa menahan kerinduanku padanya, tangan ini langsung meraih tubuhnya, mengamatinya sesaat, terbersit tanya di benakku "apakah masih sama dengan yang dulu?" , tampak tak ada perubahan sedikit pun dengan saat terakhir bertemu beberapa tahun yang silam.

Diriku dulu begitu menyukainya, bisa dikatakan saat ini pun juga demikian, karena dirinya memang tak berubah, tetap sama dengan yang dulu. Jadi ingat dengan kata-kata dalam sebuah iklan, "rasa memang tak bisa bohong", mungkin itu kata-kata yang bisa menggambarkan rasa yang kumiliki padanya.

Tanpa banyak membuang waktu, segera setelah meninggalkan swalayan tersebut, kami pun langsung menikmati waktu bersama. Sesampai di kosan, kuperkenalkan dia pada teman-teman kosku, mereka menyambut dengan hangat, dan langsung terlihat akrab dengannya. Hmm.. dia memang mudah untuk disukai.

Entah karena rindu, atau karena memang suka, sejak saat itu, dia selalu menemani diriku, baik saat bercengkrama bersama teman-teman, saat nonton, dan saat beraktifitas bersama kompi pun, dia selalu menemani. Hmm.. segitu baiknya kah dia? Untuk menilai sesuatu baik atau tidak bagi diri, lihatlah apakah dia membawa manfaat atau mudhorat bukan? Kalo manfaatnya lebih banyak dari mudhoratnya maka ambillah, jika sebaliknya maka tinggalkan. Begitulah seharusnya seorang muslim berlaku, agar dia senantiasa melakukan hal-hal yang bermanfaat & meninggalkan hal yang sia-sia, begitulah islam mengajarkan.

Rasulullah bersabda shallallahu ‘alaihi wa sallam:
“Di antara baiknya keislaman seseorang adalah meninggalkan apa-apa yang tidak bermanfaat.”
(HR. At-Tirmidziy no.2318, Malik, Ahmad dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu dan dishahihkan oleh Asy-Syaikh Al-Albaniy dalam Al-Misykaah 4839)

Apakah rasa suka yang kumiliki hanya sekedar suka semata karena rasa, bukan pada kebaikan yang ada pada dirinya? Hmm.. karena khawatir terjatuh pada hal yang sia-sia, segeralah bersama kompi kami menelusuri dirinya di dunia maya untuk mengenalnya lebih jauh. Ya.. walaupun kami telah kenal sejak lama, tapi sepertinya diriku hanya mengenalnya sebatas hanya pada rasa yang kupunya padanya.

Dengan bantuan kompi, memudahkanku berkeliling di dunia maya untuk mencari informasi tentang 'dia'. Alhasil, dengan bantuan paman Google kutemukan info tentangnya.. ternyata dia memang sosok yang begitu banyak disukai orang. Semua orang yang telah mengenalnya pada umumnya begitu menyukainya walaupun dia punya beberapa sisi negatif, salah satunya membuat bibir jontor jika terlalu lama bersamanya, hoho.. tapi entah kalo sudah berdekatan dengannya & berinteraksi dengannya, membuat jadi tak pingin jauh alias ingin selalu.. dan selalu..mungkinkah karena ketagihan atau karena penasaran? Hmm.. entahlah..

Selain disukai oleh banyak orang, entah karena ketagihan atau penasaran, setelah mengenalnya lebih dalam, baru kutahu ternyata dia memang mempunyai banyak kebaikan khususnya bagi kesehatan, loh kok? Apakah dia dokter??? :-?

Berikut beberapa daftar kebaikan dirinya yang berhasil kuperoleh dari paman Google :
*Mengandung vitamin E,
Tahu kan fungsi vitamin E? Vitamin ini berfungsi sebagai anti oksidan dan melindungi sel dari radikal bebas  untuk memperbaiki struktur DNA yang rusak.
Asupan vitamin E yang cukup dapat menurunkan risiko berkembangnya plak pada pembuluh darah dan kanker kolon. Juga dapat mengurangi keparahan dan frekuensi rasa panas (hot flush) yang dialami wanita menopause dan komplikasi diabetes.
*Mengandung asam folat.
Asam folat penting untuk ibu hamil, yang digunakan untuk pembentukan dan perkembangan sel-sel darah merah dan sel-sel otak pada janin yang mulai terbentuk pada minggu ke 3-4 kehamilan.

*Mengandung vitamin B,  
Vitamin B kompleks dapat memberikan banyak manfaat bagi kulit. Vitamin B1 (thiamin) membantu mencegah komplikasi kardiovaskular, vitamin ini bermanfaat bagi rambut dan kulit karena meningkatkan aliran darah. 
Vitamin B-3 (niasin) dan B-5 (asam pantotenat) sangat membantu dalam proses perawatan kulit dan memperlambat tanda-tanda penuaan.

*Mengandung selenium,
Selenium, bersama vitamin E, membantu menjaga kesehatan kulit, juga rambut dan mata. Selain itu juga dipercayai dapat meningkatkan detoksifikasi tubuh dan membantu mencegah kanker.

*Mengandung magnesium
Magnesium membantu fungsi saraf dan otot, juga mencegah pengeroposan tulang.

*Mengandung tembaga. 
Dan adapun tembaga, dibutuhkan untuk pembentukan darah dan tulang, produksi pigmen melanin dari kulit dan rambut, dan pelepasan energi dari makanan.

Wah..Subhanallaah..  ternyata si dia yang bertubuh 'mungil' begitu banyak manfaat kebaikan bagi kesehatan tubuh ya? Jadi makin suka dah.. hihi ^.^

By the way, busway, anyway.. sudahkah bisa tertebak siapakah dia? masih penasaran ? pingin mengenal sosok dia seperti apa? kita kenalan yuk!!!

"Hai.. perkenalkan namaku Kuaci"

Gimana? Uda kenalan? Or emang uda kenal, hmm.. sepertinya uda pernah kenalkan? Sosoknya yang kecil mungil bukan sosok yang asing lagi bukan? Sosoknya sih emang gak asing lagi, tapi rasanya emang asin.. Loh? Gak nyambung yak?!! @.@

Kita lanjutkan perkenalan kita yuk!
Ternyata si kecil 'mungil' ini terdiri dari beberapa jenis, tergantung dari warna kulitnya, tapi bukan bermaksud rasial loh.. hehe. Warna kulitnya tergantung dari asalnya.. serta menetukan rasa juga loh..
*Si Hitam, kuaci berkulit hitam ini berasal dari biji semangka












*Si Putih, kuaci berkulit putih ini berasal dari biji labu









*Si Belang, kuaci ini berasal dari biji bunga matahari.











Wah.. subhanallah.. ternyata dia berasal dari biji buah-buahan yang sering kita konsumsi. Gak nyangka ya.. kalo biji-bijian yang sering terbuang bisa menjadi makanan yang kaya manfaat. Jadi semakin menyadari nih, kalo semua hal di dunia ini, sekecil apapun dia pasti selalu ada manfaat, karena ciptaan Allah gak ada yang sia-sia. So.. Jangan pernah meremehkan hal-hal yang kecil ya.. ^.^