Hari ini, iseng2 ikutan tes tentang pengetahuan mengenal dunia, mulai dari mengindentifikasi bendera negara-negara  di dunia, menentukan letak suatu negara dalam peta dunia hingga mencari letak tempat-tempat terkenal di dunia. Dan hasilnya.. sungguh menyadarkanku kalo ternyata pengetahuan saya tentang dunia sangatlah minim.. tapi gapapalah.. emang sudah lama ga belajarnya.. hehe (sedikit membela diri). Seingatku terakhir belajar tentang geografi, sejak di bangku sekolah menengah pertama.. hikz..
Parah banget ya.. padahal belajar kan ga boleh berhenti ya.. so kudu semangat nih belajarnya.. go! go! go! ^^

Mari kita menjelajah dunia.. kita cari tahu yukk info tentang luas benua-benua di dunia..

Benua Asia
Asia merupakan benua terbesar di dunia dengan luas mencapai ± 43.998.920 km², meliputi hampir 30,6% dari luas wilayah daratan dunia.

Benua Amerika
Amerika adalah benua terbesar kedua yang terletak di belahan bumi sebelah Barat. Secara astronomis, benua ini terletak antara ± 80°LU – 56°LS dan ±170°BB – 36°BB. Bentuk wilayahnya yang memanjang ini seolah-olah menghubungkan daerah Kutub Utara dengan Kutub Selatan.
Luas wilayah daratannya mencapai ± 41.825.581 km² atau sekitar 28,1% dari seluruh luas wilayah daratan dunia dengan batas-batas berikut ini.











Benua Afrika
Benua Afrika terletak di sebelah Barat Daya Benua Asia. Pada masa lalu, Benua Afrika dan Benua Asia menyatu, namun karena adanya pembangunan kanal atau terusan di Suez (Mesir), akhirnya kedua benua tersebut terpisah oleh perairan.
Secara astronomis, Benua Afrika terletak di antara ± 35° LU – 33° LS dan ± 18° BT – 53° BT. Luas wilayah Benua Afrika mencapai ± 29.800.540 km² atau hampir seperlima dari luas wilayah daratan dunia dengan batas-batas wilayah berikut ini.









Benua Eropa
Benua Eropa terletak di antara ± 10° BB - 59° BT dan ± 71° LU - 35° LU, sehingga seluruh wilayahnya berada di belahan bumi Utara. Luas wilayahnya mencapai ± 10.355.000 km² (± 6,5 % luas wilayah daratan dunia) dengan batas-batas wilayah berikut ini



Benua Australia
Australia adalah benua terkeci. Luas wilayah Australia adalah 7.682.300 km2. Lebar wilayah tersebut kira-kira 3200 km dari pantai timur ke barat dan panjangnya 3700 km dari Tanjung York di pantai utara sampai Tanjung Tenggara di Tasmania.
Australia terletak di belahan bumi bagian selatan antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Benua Australia membentang dari garis lintang 10o 41'LS sampai garis lintang 43o 39'LS dan dari garis bujur 113o 09'BT sampai 153o 39'BT.