"I Love this day", kata-kata tersebut.. tertuju untuk hari kemaren, tapi bukan berarti "i don't love " hari ini :), dan bukan berarti hari ini gak lebih baik dari hari kemarin. Kata-kata itu hanya untuk menggambarkan perasaan 'kami' yang begitu bahagia akan peristiwa di hari kemarin. Kami? ya.. kami karena yang mengatakan hal tersebut bukan hanya saya seorang tapi itu juga dirasakan bahkan terkatakan oleh beberapa sahabat akhwat yang lain.
happy day Pictures, Images and Photos

Betapa senangnya.. bisa berkumpul bersama akhwat & ummahat seharian dalam majelis ilmu.. hal yang uda lama gak terjadi.. alhamdulillah bisa terjadi di hari kemarin. Betapa indahnya bisa menjalin persaudaraan bersama saudara-saudara seiman atau yang lebih trend dengan istilah ukhuwah fillah. Sungguh suatu kenikmatan yang tak dapat terwakili dengan kata-kata.. tapi hanya bisa dirasakan.. sungguh nikmat.. tapi takkala ingin menggambarkan nikmat di hari kemarin.. hanya bisa terucap "I Love this day".

Ukhuwah fillah adalah ukhuwah yang tanpa batas.. hanya cukup satu syarat yaitu 'iman'.  Alhamdulillah di hari kemarin dan juga hari ini, Allah memperkenankan saya untuk mengenal saudara-saudara seiman dari beda negara. Saudara-saudara yang sudah saya kenal setahun yang lalu, ditakdirkan kembali untuk mengunjungi negara kami, serta beberapa kenalan baru yang lain. Sungguh bahagia rasanya bisa mengenal mereka. Walaupun kami dari bangsa yang beda, berbahasa yang beda, bertanah air yang beda.. kok jadi serasa sumpah pemuda ya ? tapi versi yang berlawanan.. hehe
Hanya ingin mengatakan perbedaan tak membuat kami tidak bisa menjalin ukhuwah, justru perbedaan kami menjadi sesuatu yang indah, karena kami jadi bisa berbagi banyak hal & saling menambah wawasan. Sekali lagi ukhuwah fillah bisa menyatukan orang-orang dengan begitu banyak perbedaan hanya dengan satu kesamaan yaitu 'iman'. Kami belajar tentang bahasa mereka, dan mereka belajar sedikit tentang bahasa kami, Walaupun tentu saja komunikasi di antara kami lebih banyak tersampaikan menggunakan 'universal language' atau lebih keren disebut dengan bahasa tubuh.. ^^

Kedatangan mereka bukan hanya sekedar berlibur atau menikmati keindahan alam negeriku 'indonesia' tapi juga disertai dengan tujuan yang lebih mulia yakni 'dakwah'. Jadi selama mereka berada di sini, kesempatan untuk menuntut ilmu ini pun tidak kami sia-siakan.

Dengan semangat membara.. halah2x.. lebay modeON nih.. kami mengikuti rentetan kegiatan yang ada, mulai dari mengikuti International Workshop On The Art Interacting With Human Being, yg dibawakan oleh ustad DR. Khaleel Al Hirby, seorang International Trainer dari Madinah, sejak pagi hingga menjelang dhuhur, dan dilanjutkan lagi hingga jam menunjukkan pukul 13.00 di Lembang, kemudian estafet dengan ustadzah Jumanah dan dua orang putrinya yang membawakan materi seputar pernikahan khusus membahas tentang 'Hak Suami-Istri'.
Materi-materinya (insyaAllah akan diupload secara khusus) dibawakan dengan penuh hikmah dan interaktif, tak ayal lagi membuat kami semua begitu terkesima & termangguk2.. meskipun bahasa yang digunakan adalah bahasa Arab, tapi tetep saja tak mengurangi hikmah yang tersampaikan.. apalagi disertai bantuan terjemahan dari ustad Ridwan dari Jogja untuk materi pertama dan ukhti D*** pada materi kedua (jazakumullah khayr ya..) , subhanallah.. begitu banyak ilmu yang kami peroleh.. membuat diri ini semakin merasa 'haus' akan ilmu.. khususnya ilmu dien.

Tak terasa waktu bergerak begitu cepat, dan sudah beranjak menuju waktu Ashar, saatnya untuk memenuhi panggilan Sang Khalik. Setelah sholat, saatnya untuk pulang, tentu saja setelah sesaat menikmati lezatnya rujak yang disajikan oleh panitia.. *tuk panitia.. jazakumullah khayr ya.. makanannya enyak.. enyak.. enyak.. :D

Back to Bandung..
Setelah cukup kenyang dengan memenuhi hak diri (ruh-akal-tubuh), memenuhi hak ruh dengan ibadah serta hak akal dengan berilmu serta hak tubuh dengan makanan..  saatnya untuk pulang.. kembali ke dunia masing2.. hmm.. dunia yang begitu fana & menyibukkan.. hufff, berat sekali rasanya..
Karena kebaikan sebuah keluarga kecil (abu-ummu faris & sikecil faris), jadilah kami pulang tanpa perlu naik angkot & pastinya GRATISS.. & special delivery..diantar sampe ke depan rumah masing2 euy.. *Jazakumullah khayr for faris's family.. Semoga Allah memberi begitu banyak kebaikan pada kalian..

Tapi ow.. ow.. jalanan Lembang-Bandung.. maceeeetttt pisaaaaannn..
Kendaraan jadi berjalan seperti keong.. eh siput.. eh kura-kura.. eh................... silahkan isi aja titik2nya dengan nama hewan yg bergerak lamban bahkan sangat lamban untuk menggambarkan keadaan tersebut..
Untuk melewati suasana tersebut jadilah kami mengisinya dengan begitu banyak hal.. mulai dari bercanda sampe garing, aksi jepret2 untuk menghibur sikecil Luqman yang sudah terlihat boring.. membahas hal-hal yang cukup serius.. ada yang sibuk dengan hafalan qur'an & haditsnya.. sampai terdiam & sibuk dengan pikiran masing-masing.. dan tentu saja tak lupa berdoa..
Akhirnya begitu melewati terminal ledeng, suasana berubah.., tiba-tiba saja susunan kendaraan yang berjajar rapi bak semut beriring tadi hilang entah kemana alias gak macet lagi, jadilah mobil yang kami tumpangi meluncur bak anak panah lepas dari busurnya.. menyusuri jalanan setiabudi saat menjelang waktu magrib.. dan tak lama berselang azan magrib pun berkumandang, suara yang begitu merdu membuat relaksasi setelah penat dengan hiruk pikuk jalanan & kemacetan yang baru saja terlewati, mengembalikan ke titik sadar kami untuk segera bertemu denganNya. Terlontarlah berbagai usulan, ada yang mengusulkan untuk sholat magrib d mesjid Daarut Tauhid Gerlong karena saat itu juga seorang sahabat memang turun di sana, terpikir juga untuk sholat di mesjid Al Furqon UPI (universitas Pendidikan Indonesia), dan usulan yang lain adalah mampir sholat di Warung coto Dg Tata setiabudi sekalian mengisi lambung yang suaranya sudah mulai bersaing dengan suara hiruk pikuk jalanan.. haha.. lebay.. lebay.. haha :))
hmm.. menurutmu yang mana yang akan kami pilih???
YUP betul sekali.. kok bisa tau sih?? ^^
ya iyalah.. tentu saja kami akan memilih tawaran yang paling menarik.. bener2 menarik.. PAHE alias paket hemat.. memenuhi 2 kebutuhan utama di satu tempat..ibadah & perut.. pilihan yang manakah itu? tentu saja kami sepakat memenuhi usulan yang ketiga.. karena kami juga telah 'menyandera' salah satu keluarga dari pemilik tempat tersebut.. qadarullah.. di dalam mobil yang kami tumpangi itu terdata satu orang penumpang yang sdikit-banyak punya kaitan dengan label warung tersebut.. dan usulan itupun bersumber darinya.. jadi entah berawal dari hanya sekedar menawarkan tempat sholat saja tanpa dugaan respon yang berlebihan atau benar-benar punya niat ingin berbagi rezki, atau sekedar ingin melengkapi nikmat hari itu.. dengan menikmati semangkuk coto di tengah dinginnya malam yang bertambah dingin karena disertai rinai hujan.. tapi yang jelas.. kuyakini.. bahwa dia melakukannya tulus ikhlas karena Allah.. *luv u sista.. jazakillah khair..

jreng.. jreng.. wuzzz.. wuzz.. akhirnya mobil yang membawa kami parkir di depan warung coto Dg Tata Setiabudi, segera kami disambut dengan pegawai warung tersebut, dengan memayungi kami satu persatu.. benar-benar menimbulkan kesan pertama yang baik.. membuat kami semakin yakin kalo kami akan mendapatkan kesan-kesan berikutnya yang lebih baik.. *Husnudzon modeON :)
Bergegaslah kami menunaikan sholat magrib, sesaat setelah itu.. dapat dibayangkan bukan???
hmm.. sesegera mungkin semangkuk coto segera terhidang.. saya dan beberapa yang lain memesan coto, sebagian yang lain memesan konro, mie kering, dan pisang ijo.. bisa terbayang jumlah rombongan kami? :P
Sungguh terasa nikmat.. entah karena perut kami yang memang sedang menyetel irama 'keroncong' atau karena suasana yang begitu mendukung.. rinai hujan di malam hari.. atau hanya sekedar melepaskan kepenatan setelah terbebas dari kemacetan.. atau karena yang tersaji semuanya ANUGRAH (ANU GRAHtisan ^^, pinjam istilah seorang sahabat) semuanya bercampur menjadi satu dalam satu rasa.. bahagia..
Maka sungguh.. bersama kesulitan itu ada kemudahan (Qs.94:5-6)

Begitulah yang kami rasakan.. setalah menikmati hidangan yang tersaji dengan penuh rasa bahagia.. waktunya bergegas pulang.. karena malam terus semakin beranjak ke penghujungnya.. kamipun diantar satu persatu ke kediaman masing-masing.. ada yang di seputaran itb, ada di padasuka, seputaran UNPAD jatinangor, cibiru & cimahi.. alhamdulillah hari ini ditutup dengan rasa bahagia.. walaupun lelah secara fisik tapi entah mengapa diri serasa segar.. serasa mendapatkan semangat yang membara untuk menghadapi hari esok.. sepertinya karena seharian dicharge dengan inputan yang positif sehingga meghasilkan efek yang positif.. sebelum menutup hari ini.. sy cuma pingin bilang "I Love This day".. I hope another day will be better than this day.. aamin..


Penggalan cerita ini akan menjadi kenangan indah masa lalu & pengalaman berharga sarat hikmah..
Mari berbuat hari ini untuk hari esok yang lebih cerah.. SEMANGAT!!! HAMASA!!!
I LOVE THIS DAY ^_^