Allah SWT berfirman: فَلَا تُزَكُّوا أَنْفُسَكُمْ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنِ اتَّقَى “……maka janganlah kamu mengatakan dirimu suci, Dialah yang paling mengetahui tentang orang yang bertakwa.” (An-Najm:32).
Mengetahui dan menyadari kesalahan adalah awal kebaikan. Sementara merasa benar terus adalah awal dari kehancuran. Kesalahan memang merupakan tabiat manusia, namun tidaklah bijaksana bila kita terus menerus melanggengkan kesalahan apalagi mewariskannya kepada binaan-binaan..
Jadi.. mari mengenali kelemahan diri untuk menjadi lebih baik.. karena awal perubahan ke arah yang lebih baik adalah dengan mengenali kesalahan diri.. sehingga mau melakukan perbaikan.. dan tak mau melakukan hal yang sama lagi..
Jangan pernah ada pembelaan/ defense  takkala engkau menemukan kesalahan dirimu.. karena itulah awal kau akan terus berada dalam kesalahan yang sama..
Jangan pernah marah atau protes atau sibuk dengan bantahan jika ada yang menyampaikan kesalahanmu.. walaupun tak pernah menyenangkan untuk didengar.. tapi cobalah dengarkan.. tabayyunlah ke diri.. jika memang benar adanya.. maka perbaikilah.. jika tidak terus berusaha agar tak terjatuh pada kesalahan itu.. & jangan lupa berterimakasihlah karena masih ada orang yang mau peduli padamu..
*Bershabatlah dengan kritikan.. karena itu akan membuatmu menjadi pribadi yang terus memperbaiki diri.. *