Hatim Al-Asham pernah ditanya seseorang.."wahai Hatim..atas dasar apakah engkau begitu tawakkal kepada Allah?” 
Beliau menjawab, “ atas dasar empat hal..yaitu :
Pertama..aku sadari bahwa rizki yang telah ditetapkan untukku tidaklah mungkin diambil oleh orang lain.. karenanya jiwaku
merasa tenteram..

Kedua..aku tahu bahwa amalku tidak akan dikerjakan orang lain..karena itu aku sibuk beramal..

Ketiga..aku tahu bahwa kematian akan selalu datang kepadaku dengan tiba-tiba tanpa sepengetahuanku..maka dari itu aku selalu bersiap diri untuk menghadapinya..

Dan keempat..aku tahu bahwa aku tidak mungkin lepas dari pengawasan Allah.. di mana saja aku berada.. karena itu aku selalu merasa malu bermaksiat kepada-Nya..."
(Muhammad bin Abu Imran dalam Sifatush-Shahwah)

Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayatNya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal [Qs.8:2]

..Semoga Allah menuntun kita menjadi Hatim Al-Asham masa kini..termasuk orang-orang yang selalu bertawakkal dan beristiqomah dalam kebaikan..amiin..