Bismillah..

Berawal dari keprihatinan & kesedihan untuk semua saudariku..

Berdasar pada rasa cinta pada semua saudariku..-muslimah-

yang sedang asyik2nya menikmati indahnya menjalin ukhuwah d dunia maya..salah satu tempat yg bernama facebook atau yang terkenal dengan sebutan fb..
Bukan masalah boleh tidaknya menggunakan fb..tapi lebih kepada mencoba merenungi fenomena penggunaan fb utk menjadi eksis d dunia maya..salah satunya..begitu banyaknya wajah2 cantik para muslimah yang bertebaran & bebas menjadi santapan & dinikmati oleh yang tidak halal baginya..

Tak perlu berkenalan..tak perlu meminta..seorang pria asing sekalipun..begitu mudahnya menikmati wajah cantik ukhti..
Layaknya bintang iklan yang berpose dengan wajah & senyum termanisnya..semua terpukau memandang..terutama para pria2 asing diluar sana menjadi begitu terkesima & tak berkedip dibuatnya..bahkan bisa jadi terbawa hingga alam bawah sadarnya.. (hmm sungguh besar fitnah yg dapat terjadi karenamu ukhti..naudzubillah)

Sadar atau tidak sadar..takkala hendak memajang foto ukhti untuk dilihat oleh pihak lain..bukankah ukhti akan memberikan foto yang terbaik..tercantik..termanis..& ter..yang lainnya???

Tahukah ukhti..seorang bintang iklan sekalipun punya harga untuk setiap pose yang dilakukannya atas nama profesionalitas..tapi kenapa ukhti malah memberikannya secara gratis untuk harga sebuah anugerah tak ternilai yg bernama 'izzah' yang telah kau punya sejak kau terlahir???

Ukhtifillah..
Islam begitu menjaga kehormatan wanita..karena betapa tingginya derajat seorang wanita..
karena setiap muslimah telah dianugerahi izzah yg harus dia jaga..yg sangat2 mahal bahkan tak ternilai oleh hitungan angka..
Mari kita baca & renungkan ayat-ayat Al-Qur'an berikut..sebuah pernyataan cinta dari Sang Khalik kepada makhlukNya..terkhusus untukmu..duhai 'wanita'

Surat An-Nuur : 31

“Katakanlah kepada wanita yang beriman : “Hendaklah mereka menahan pandangan mereka dan memelihara kemaluan mereka dan janganlah mereka menampakkan perhiasan mereka kecuali yang (biasa) nampak dari mereka.

Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dada mereka, dan janganlah menampakkan perhiasan mereka, kecuali kepada suami mereka atau ayah mereka atau ayah suami mereka (mertua) atau putra-putra mereka atau putra-putra suami mereka atau saudara-saudara mereka (kakak dan adiknya) atau putra-putra saudara laki-laki mereka atau putra-putra saudara perempuan mereka (=keponakan) atau wanita-wanita Islam atau budak-budak yang mereka miliki atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti aurat wanita.

Dan janganlah mereka memukulkan kaki mereka agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.”

Surat Al-Ahzab : 59

“Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mumin : “Hendaklah mereka mengulurkann jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.”

Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

subhanallah..tidakkah kalian merasa terhormat??? karena melalui perintah ini..DIA menjagamu..DIA memuliakanmu..
Bukankah sudah jelas..bahwa seluruh tubuh wanita itu aurat..

laksana engkau perhiasan yang paling berharga..engkau selayaknya ditempatkan pada tempat yang tak mudah dilihat..tak mudah dijamah bukan??? agar kemurnianmu tetap terjaga..bukan di sembarang tempat yang dapat dilihat & diakses oleh semua orang..

maka..ketika kita memasang foto di dunia maya maka semua orang bisa melihat tubuh kita, mencermatinya, dan kemudian mengamatinya..(ups, ga ada bedanya ya?!) ..bahkan bisa menikmatinya..tanpa batas..

Inti dari perintah menjaga aurat di al Qur'an adalah "tidak menampakkan"..begitulah seperti yang tertulis dalam surah An-Nuur ayat 31.

Nah..kalo kita memasang foto kita di dunia maya..FB misalnya, bukankah itu sudah menampakkan aurat kita walaupun sedang menggunakan jilbab..kenapa??? karena kita tetap tampak dihadapan para ikhwan..

jadi ukhtifillah..kita harus menjaga izzah kita dengan tetap menjaga HIJAB meski di dunia maya sekalipun..
Rasanya percuma kita menundukkan pandangan saat berpapasan di jalan, pake hijab kalo keluar, tapi memajang foto waktu fesbukan..wallahu a'lam..