Bismillah..

..All Muslims do not forget to FAST the 1st 9 Days of Zul-Hijja starting from 18th Nov. till the 26th! Post and RePost! Send and ReSend! Don't let it stop EVER..!

..ini adalah status yang terpasang di fb pada hari ini..mari kita amalkan & saling mengingatkan pada saudara2 kita sesama muslim betapa besar keutamaan pd bulan ini..


Alhamdulillah..kita telah memasuki bulan Dzulhijjah..hari ini adalah hari pertama di bulan dzulhijjah.. mari kita persiapkan diri agar bisa dijalani dengan penuh kebaikan dan berkah..



Diriwayatkan oleh Al-Bukhari, Rahimahullah, dari Ibnu 'Abbas Radhiyallahu 'Anhuma bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :
"Tidak ada hari dimana amal shalih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yaitu : Sepuluh hari dari bulan DzulHijjah. Mereka bertanya : Ya Rasulullah, tidak juga jihad fi sabilillah ?. Beliau menjawab : Tidak juga jihad fi sabilillah, kecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali dengan sesuatu apapun"

Imam Ahmad, Rahimahullah, meriwayatkan dari Umar Radhiyallahu 'Anhuma, bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :
"Tidak ada hari yang paling agung dan amat dicintai Allah untuk berbuat kebajikan di dalamnya daripada sepuluh hari (DzulHijjah) ini. Maka perbanyaklah pada saat itu tahlil, takbir dan tahmid "

Waktu yang dibolehkan berpuasa pada bulan dzulhijjah..
1. Puasa dari hari pertama hingga hari kedelapan.

Empat hal yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SAW: [1] Puasa hari Asyura, [2] Puasa 1-8 zulhijjah, [3] 3 hari tiap bulan dan [4] dua rakaat sebelum fajar. 
(HR. Ahmad, Abu Daud dan Nasai).

2. Puasa pada hari ke-9. Hari ke-9 ini juga dikenal dengan hari Arafah.
Puasa hari Arafah itu menggugurkan dosa setahun sebelumnya dan setahun sesudahnya  
(HR. Muslim)


 Waktu yang  diharamkan berpuasa di bulan Zulhijjah..

1. Pada hari ke-10 yang bertepatan dengan hari raya Ied al-Adha.

2. Pada hari ke-11, 12, dan 13 atau yang lebih dikenal dengan hari tasyriq


Dari Abu Hurairah ra bahwa mengutus Abdullah bin Huzafah keliling Mina, "Janganlah kamu puasa pada hari-hari ini (tasyriq), sebab ini adalah hari-hari makan dan minum serta hari zikir kepada Allah SWT"
(HR Ahmad dengan isnad jayyid)

Dari Ibnu Abbas ra bahwa Rasulullah SAW mengutus seseorang untuk mengumumkan, "Janganlah kamu puasa pada hari-hari ini (tasyriq), sebab ini adalah hari-hari makan, minum dan hari-hari bi'al*."
(HR Ath-Thabarny di dalam Al-Ausath 8052)

*Bi'al adalah jima' atau hubungan suami istri. Maksudnya pada hari itu dihalalkan untuk melakukan jima' antara suami istri.

Berusahalah untuk mendapatkan kesempatan yang baik ini sebelum hilang dari hadapan anda dan anda akan menyesal, betapa buruknya waktu bagi orang yang menyesal. Karena sesungguhnya dunia ini sangat sedikit harinya dan kita sekarang di kampung amal perbuatan dan besok kita akan berada di kampung pembalasan, perhitungan, syurga dan neraka. Maka jadilah anda orang-orang yang Allah sifatkan dalam firman-Nya :
Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdoa kepada kami dengan harapan dan cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyu’ kepada Kami (Al Anbiya 90)